//dari pinterest

Hibernate Ubuntu 12.04

Secara default, Ubuntu 12.04 Precise Pangolin menonaktifkan fitur hibernate. Sebagai gantinya, pada ubuntu mengaktifkan fitur suspend. Namun demikian ternyata kita masih bisa untuk mengaktifkan fitur itu kembali jika dianggap perlu. Biasanya yang sangat memerlukan fitur ini adalah komputer jenis laptop atau netbook.

Mengapa pada laptop memerlukan fitur ini? Karena pada saat kita menggunakan fitur hibernate maka semua settingan disimpan pada hard disk dan setelah itu tidak menggunakan daya lagi. Jadi bisa digunakan jika daya baterai pada laptop menipis namun belum bisa untuk mencharger baterai. Sedangkan jika menggunakan fitur suspend maka semua aktifitas pada komputer semuanya berhenti kecuali pada RAM. Sehingga tetap memerlukan daya pada fitur ini. Untuk mengaktifkan fitur hibernate pada ubuntu, bisa Anda ikuti langkah-langkah berikut:

Sebelum benar-benar mengaktifkan fitur tersebut maka sebelumnya kita harus mengecek dulu apakah laptop/komputer kita mendukung hibernate atau tidak. Caranya dengan menggunakan perintah berikut pada terminal.
sudo pm-hibernate
Jika pada langkah di atas komputer/laptop Anda kemudian mati dan jika dinyalakan kembali langsung ke keadaan terakhir, maka komputer/laptop Anda mendukung hibernate. Untuk mengaktifkan dan memasangnya pada menu power, ketik perintah berikut pada terminal: 

gksu gedit /etc/polkit-1/localauthority/50-local.d/com.ubuntu.enable-hibernate.pkla

Setelah file terbuka kemudian tambahkan baris berikut:
[Re-enable hibernate by default]
Identity=unix-user:*
Action=org.freedesktop.upower.hibernate
ResultActive=yes
Simpan file tersebut, kemudian logout Ubuntu Anda. Jika langkahnya benar maka seharusnya pilihan hibernate sudah muncul pada menu power Ubuntu.

GB

Source: nurhamim86

Post a Comment