//dari pinterest

Mengatasi Logout Saat Memutar Video di Ubuntu

Tips ini khusus untuk pengguna komputer yang chipsetVGA-nya berjenis SiS dan kebetulan digunakan untuk menjalankan sistem operasi Linux, terutama distroUbuntu, Linux Mint, Zorin OS, dan keluarga Debian lainnya. Selain masalah resolusi layar yang belum tentu sesuai aslinya usai menginstal Linux, pengguna VGA SiS ternyata masih menghadapi satu masalah yang mungkin cukup menjengkelkan, yaitu tidak bisa memutar video secara sempurna.


Biasanya yang umum terjadi yaitu sistem akan log-out secara otomatis begitu pengguna mulai memutar video menggunakan aplikasi ‘video player’ (misalnya Totem Movie Player, Gnome Mplayer, VLC Media Player, dan SMPlayer). Umumnya ini terjadi pada Ubuntu 11.04 dan 11.10(termasuk distro yang berbasis pada keduanya).

Nah, jika dihadapkan pada kondisi demikian, sebenarnya Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Cukup melakukan sedikit perubahan setting pada ‘type video output’ maupun ‘audio output’ di salah satu menu aplikasi pemutar videonya. Caranya yaitu:

Jika Menggunakan Totem Movie Player

‘Totem Movie Player’ adalah aplikasi default pemutar video pada Ubuntu dan juga Linux Mint. Aplikasi video player ini menggunakan plugin Gstreamersebagai ‘codec’-nya. Jika Anda sudah menginstalnya pada Ubuntu dan kebetulan VGA komputer yang Anda gunakan berjenis SiS, kemungkinan besar Anda masih akan menghadapi masalah (yaitu akan mengalami ‘logout’ ketika membuka video menggunakan aplikasi ini).

Solusi ampuhnya:
Buka Terminal (Ctrl+Alt+T), lalu ketikkan sebaris perintah berikut ini dan diikuti menekan tombol Enter.


gstreamer-properties
  1. Gunanya yaitu untuk membuka jendela menu ‘properties’ pada plugin gstreamer.
  2. Nah, beberapa detik usai Anda mengeksekusi perintah di atas, akan terbuka/muncul sebuah jendela baru untuk pengaturan properties gstreamer-nya. Atur/setting-lah pada sub menu Video-nya, tepatnya pada bagian ‘Default Output’ pluginnya menjadi X Window System (No Xv).
  3. Lalu klik tombol Close dan tutuplah Terminalnya. Setelah itu, Anda bisa mengetes keberhasilan trik ini dengan cara membuka video melalui aplikasi ‘Totem Movie Player’. Mudah-mudahan tidak akan terjadi ‘logout’ lagi.

Post a Comment