//dari pinterest

Makalah: Analisis Pasar (Presentasi Kelompok 1)




ANALISIS PASAR


MAKALAH


Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemasaran Produk






















Oleh


Deny Wicaksono 1102409005


Gunawan 1102409007


Muhammad Abbror 1102409018






























JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN


FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN


UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


2013





























BAB I


PENDAHULUAN






A. Latar Belakang Pasar


Tujuan Pemasaran adalah untuk memenuhi dan memberikan kepuasan kepada kebutuhan dan keinginan konsumen. Perilaku konsumen adalah bahan kajian tentang bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, menggunakan, membuat barang, jasa, gagasan, atau pengalaman untuk memberikan kepuasan kepada keinginan dan kebutuhan mereka. Memberikan kepuasan kepada konsumen menjadi petunjuk untuk memperbaiki atau memperkenalkan produk atau jasa, menentukan harga, menetapkan jalur distribusi, merancang pesan, dan mengembangkan aktivitas pemasaran lainnya. Para marketer (pemasar) selalu mencari tren terbaru yang muncul yang dapat memberikan peluang-peluang pemasaran baru.






B. Rumusan Masalah


1. Faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli suatu produk?


2. Peran apa saja yang orang mainkan dalam mengambil keputusan pembelian?






C. Tujuan


1. Untuk mengetahui yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli suatu produk.


2. Untuk mengetahui peran yang orang mainkan dalam mengambil keputusan pembelian.


























BAB II


PEMBAHASAN






A. Pengertian Pasar


Dalam pengertian sederhana, pasar adalah sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Adapun definisi pasar adalah sebagai mekanisme (bukan hanya sekedar tempat) yang dapat menata kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual. Mekanisme tersebut jangan hanya dimengerti sebagai cara pembeli dan penjual bertemu dan kemudian berpisah, tetapi lebih dari itu harus dimaknai sebagai tatanan atas berbagai bagian, yaitu para pelaku seperti pembeli dan penjual, komoditas yang diperjualbelikan, aturan main yang tertulis maupun tidak tertulis yang disepakati oleh para pelakunya, serta regulasi pemerintah yang saling terkait, berinteraksi, dan secara serentak bergerak bagaikan suatu mesin.


Pasar sendiri memiliki tiga fungsi, yaitu: fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi. Sedangkan menurut fisiknya, janis pasar dibedakan ke dalam pasar konkret dan pasar abstrak. Pasar konkret merupakan tempat pertemuan antara pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi secara langsung. Barang yang dijual belikan juga tersedia di pasar tersebut. Sedangkan pasar abstrak merupakan pasar tidak nyata dimana transaksi antar penjual dan pembeli hanya dilakukan melalui telepon, internet, dll.


Interaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli akan menentukan tingkat harga suatu komoditas (barang atau jasa) dan jumlah komoditas yang diperjual belikan. Sehingga dalam ilmu ekonomi bila kita berbicara tentang pasar, maka secara otomatis kita akan membicarakan mengenai pertemuan antara penjual dan pembeli, barang/jasa yang dijual, serta harga tertentu atas barang/jasa yang dijual tersebut.






B. Analisis Pasar


Sebagian besar pengusaha pasti selalu tertarik dengan suatu konsep bisnis yang menawarkan peluang yang sangat besar. Namun, peluang tersebut tidak bisa dilihat sekilas karena peluang adalah sesuatu yang abstrak. Hanya dengan melakukan analisa yang komprehensif (luas/meliputi banyak hal), pengusaha bisa menemukan peluang atau potensi tertentu dari suatu bisnis.


Analisa pasar dilakukan untuk menemukan peluang bisnis dan potensi yang bisa dimanfaatkan. Besarnya potensi tersebut bisa diukur dengan berbagai faktor. Beberapa faktor diantaranya adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor individu dan faktor psikologis.


1. Faktor Budaya


Setiap kelompok masyarakat memiliki budaya. Pengaruh budaya terhadap perilaku pembelian sangat beraneka ragam di setiap daerah. Kegagalan menyesuaikan pada perbedaan-perbedaan tersebut dapat mengakibatkan pemasaran yang tidak efektif.


Orang pemasaran selalu mencoba menemukan budaya-budaya yang sedang berkembang agar dapat menemukan produk baru yang masyarakat butuhkan. Misalnya munculnya budaya ke arah minat yang lebih besar pada gadget. Hal ini telah menciptakan banyak perusahaan-perusahaan besar yang mem-produksi ponsel-ponsel cerdas dan murah berbasis open source Android.


Masing-masing budaya terdiri dari sejumlah sub-budaya yang lebih me-nampakkan identifikasi dan sosialiasi khusus bagi para anggotanya. Sub-budaya mencakup agama, kebangsaan, kelompok ras, dan wilayah geografis.

........................................................................,









download File asli

4 comments

salam kenal,,
mas..maaf apa saya blh meminta ijin u/minta bahan m.wordnya mengenai makalah ini yg analisis pasar ini u/modifikasi bahan tgs kuliah saya?krn saya download dapetnya malah ppt nya..klo tdk merepotkan mhn kirim ke email saya y di rrads83@yahoo.com...Terima kasih banyak..

Reply

Mohon maaf saya file sudah hilang, dan link downloadnya itu utk file PDFnya. Silahkan download saja.
Terima kasih sudah berkunjung.

Reply

Post a Comment