//dari pinterest

Tiba-tiba laptop saya tidak bisa asuk Windows, layar blank hitam. Ditungguin sampai lama tetep hitam Saya tekan CTRL+ALT+Del malah restart terus layar hitam lagi. Kronologisnya seperti ini, windows baik-baik saja, saya shutdown untuk beberapa saat, saya hidupkan lagi untuk kerja dan cuma sebentar langsung blue screen, restart dan masuk windows lagi, nah sampai tahap ini windows masih bisa saya ajak kerja dengan porsi jam yang lama, saya hibernate karena ada pkerjaan yang belum selesai sedangkan saya akan keluar pergi makan. Setelah makan saya hidupkan lagi laptop, walhasil malah cuma layar hitam yang nampak. 

Saya coba repair dengan Flashdisk, karena saya memang menyiapkan Flashdisk berisi Windows 10. Saya ketik "bootrec.exe /fixmbr" dan ada tulisan successfull, saya restart masih hitam. Saya ulangi lag langkah tersebut dan saya tambahkan "bootrec.exe /fixboot" dibalasnya dengan kalimat yang artinya kira-kira seperti ini "sistem tidak mendeteksi adanya sistem operasi yang terinstal".

Saya coba menggunakan DISKPART. Saya ketik list disk dan terpampang disk 0 yakni Hardisk saya. Karena saya tidak ingin kehilangan data penting, jadi saya langung ketik "CONVERT MBR" dan ada tulisan gagal. Haduhhh...harus di CLEAN donk, dan data saya hilang semua. Akhirnya saya putuskan untuk memilih menu "CLEAN" dan "CONVERT MBR" dan gagal lagi...

Saya masuk ke pilihan untuk instal windows, namun ada tulisan 
Windows cannot be installed to disk 0 partition 1. (show details) 
Saat saya klik show detail:
windows cannot be installed to this disk. This computer's hardware may not support booting to this disk. Ensure that the disk's controller is enabled in the computer's BIOS menu.
Saya kira hardisk saya sudah rusak. Sepengetahuan saya rusaknya hardisk ada dua kemungkinan, pertama rusak fisik karena tergoncang, jatuh, kepanasan atau hal lainnya dan kedua adalah karena bad sector. Jika hardisk rusak fisik tanda-tandanya adalah hardisk berbunyi aneh jika digunakan. Namun hardisk saya tidak ada tanda-tanda seperti itu dan saya partikan peletakan hardisk saya aman tidak terkena terlalu banyak panasnya laptop dan tidak pernah saya jatuh bangunkan, hehe..

Jadi kemungkinan besar kerusakan hardisk saya adalah bad sector yaitu sector hardisk yang buruk dan berantakan. Saya coba aja instal Ubuntu 10.10. Bisa loading sampai melewati pemilihan partisi, saya pikir akan berhasil. Tapi setelah beberapa lama menunggu akhirnya muncul error lagi. Akhirnya saya restart lagi dan saya ulangi menancapkan Flashdisk Windows 10 dan merepair dan mngulangi langkah berikut:
DISKPART
LIST DISK
SEL DIS 0
CLEAN
CONVERT MBR
CREATE PARTITION PRIMARY SIZE=102400
FORMAT FS=NTFS LABEL="WINDOWS10"
ACTIVE
EXIT
Saya heran, kok malah berhasil semua langkah-langkah tersebut, meskipun data-data saya sudah hilang semua, tidak apa-apalah nanti kan bisa dipulihkan dengan tool data recover.

Semoga berguna bagi pembaca jika megalami hal yang sama dengan saya.

Post a Comment