//dari pinterest

Sistem Operasi Unik dan Jarang Ditemui

KolibriOS
KolibriOS adalah sebuah sistem operasi GUI dengan ukuran sangat kecil. Installasi KolibriOS tersedia dua versi, yang pertama besarnya 1,44 MB dan yang kedua 3 MB dengan tambahan beberapa fitur. Karena ukurannya yang kecil ini, kamu sampai-sampai bisa menyimpannya di dalam floppy disk. Meskipun begitu sistem operasi ini menggunakan GUI yang bisa kamu gunakan dengan sempurna. Kamu bisa melakukan booting dengan KolibriOS menggunakan floppy disk, CD, DVD, Flashdisk atau Hardisk. KolibriOS juga dapat membaca file sistem seperti FAT32, NTFS dan EXT3/4. Ia juga memiliki aplikasi untuk semua tugas dasar komputer, seperti text editor, email client, HTTP client dan masih banyak lagi lainnya. Kunjungi situs resmi KolibriOS di sini.




SLAX
Slax adalah sistem operasi modern yang dapat kamu bawa kemana saja di saku, dibuat berdasarkan Linux Slackware. Untuk sebuah sistem operasi komputer, Slax hanya berukuran 220 MB. Tetapi masih memiliki fitur komputer dasar yang berguna dan masih dapat ditambah dengan menggunakan modul. User dapat membuka modul (banyak aplikasi tersedia seperti Firefox dan Libre Office) dan software yang diinstall secara otomatis. Sistem operasi ini termasuk OS portable, kamu bisa menggunakannya tanpa menginstallnya terlebih dahulu. Kamu hanya perlu menancapkan flashdisk ke komputer, mengatur BIOS agar booting dengan Flashdsik dan Slax akan booting. Data-data yang kamu simpan di Slax akan disimpan di dalam Flasdisk dan ketika kamu buka secara otomatis data akan ada. Kunjungi situs resmi Slax di sini.


ReactOS
Ingin mencari sistem operasi mirip Windows dan gratis? Kamu bisa mencoba ReactOS yang merupakan sistem operasi open source dengan kemampuan mirip Windows. Didesain berdasarkan arsitektur Microsoft NT. Kernel awal dari ReactOS ditulis dari WINE. Ini membuat ReactOS mendukung banyak driver Windows, beberapa software Windows dan GUI mirip Windows XP/2003. Meskipun ReactOS dikembangkan dari open source yang rajin di-maintance, tetapi fungsinya masih jauh dibandingkan dengan Windows 7 atau Windows 8. Tujuan dari ReactOS adalah untuk membuat sistem operasi mirip Windows yang memungkinkan orang-orang untuk mengedit dan menambahkan fitur-fitur keren. Kunjungi situs resmi ReactOS di sini.


Tails
Tails adalah sistem operasi berdasarkan Linux Debian. Tails adalah singkatan dari The Amnesic Incognito Live System, dan dapat digunakan tanpa diinstall, mirip seperti KolibriOS dan Slax yang bersifat portable. Semua yang dijalankan di Tails akan disimpan di RAM, semua file dan history browsing secara otomatis akan dihapus setelah sistem dimatikan karena inilah Tails menggunakan kata Amnesic yang artinya Amnesia. Tails ditujukan untuk user yang benar-benar ingin menjaga privasi, Tails juga menyertakan banyak tools security, termasuk jaringan Tor anonymity, dan tools cryptographic untuk mengenkripsi dan melindungi file, email, IM dan termasuk informasi penting lainnya. Kunjungi situs resmi Tails di sini.



Qubes OS
Qubes OS berdasarkan Xen X, X Windows System dan Linux. Qubes OS memberikan fitur keamaan yang sangat kuat dengan menggunakan security-by-isolation, membuat banyak security domain, yang digunakan seperti Virtual Machine. Domain akan mengatur sendiri pembatasan keamanan dan mengisolasi satu domain dengan domain yang lain. Jadi ada hacker atau malware yang menyerang browser kamu, data-data lainnya akan tetap aman karena setiap domain diisolasikan. Kunjungi situs resmi Qubes OS di sini.


Tiny Core
Tiny Core Linux bukanlah OS berbasis Linux yang manis dan ramah, tidak mudah untuk mengkonfigurasinya, meski tidak bisa juga dikatakan sulit. Tiny Core tidak di desain untuk menjalan software-software yang biasanya powerfull dan diusung distribusi Linux lainnya. Namun ide untuk mengembangkan sistem operasi yang ringan dan kecil hingga berukuran 64MB bahkan lebih kecil lagi adalah pekerjaan yang patut diacungi jempol. Jika kebetulan memiliki komputer yang sangat lawas atau USB Flashdisk yang berukuran kecil sekali, Tiny Core Linux ini dapat menjadi simpanan atau digunakan. Jika memiliki koneksi internet yang demikian lelet maka jika memerlukan OS yang cukup powerful dan berguna dapat mendownload dan meenggunakan OS Tiny Core Linux. Meski komputer dengan high end saat inipun hardwarenya bisa juga dijalankan dan terdeteksi dengan baik oleh Tiny Core Linux.  Kunjungi situs resmi Tiny Core di sini.






Puppy Linux
Puppy linux banyak digunakan sebagai distro dengan minimal footprint. dia adalah sebuah distro lengkap yang dapat diboot pada RAM 48-54 MB dari USB drive, CD, Hard drive, Zip Drive, Network/Thin, Client CD-ROM atau Mini-CD. seluruh OS dan aplikasinya dijalankan dari RAM. Puppy Linux memiliki GUI SFS Boot Manager yang mana memberikan kemudahan user untuk memuat SFS Module. modul ini dapat membuat system untuk dijalankan tanpa menginstal aplikasi yang telah terintegrasi di dalamnya antara lain SeaMonkey, AbiWord, Bluefish, Xfinans, Gaim, Gnumeric, Gxine, JWM, Firefox, KDE, OpenOffcie, Gimp dan Audacity. puppy linux bisa digunakan pada komputer tua, atau melakukan recovery data. puppy linux juga mendukung format windows (Fat 32, NTFS) untuk membaca dan menulis data. Kunjungi situs resmi Puppy Linux di sini.



SliTaz
Ia dapat berjalan pada 128 MB RAM serta dapat dijalankan via Live CD ataupun di install. Live System dari SliTaz memberikan GUI penuh untuk user dan user dapat menyimpan data secara penuh melalui persistent data. Slitaz dibangun dari BusyBox. user dapat menambahkan aplikasi yang ada didalamnya melalui tazpkg package manager yang berjalan di-console. Filesystem Slitaz hanya membutuhkan 100 MB dan ISO Image kurang dari 30 MB. support Web Server oleh LightTPD dengan CGI dan PHP. terlah termasuk Chat, Mail, FTP Client, SSH Client, Server dengan menggunakan Dropbear, serta generator Live USB. untuk internet distro ini menggunakan firefox, multimedia menggunaka alsamiserm audio player dan CD Ripper/Encoder disertai tool untuk burning CD/DVD. menggunakan desktop yang elegant Openbox yang berjalan diatas Xvesa (X Server) dan 1400 package aplikasi yang dapat diinstall dari mirror. Kunjungi situs resmi SliTaz di sini.


Simple Linux
Diturunkan dari Slackware yang berbasis Slax. telah terintegrasi didalamnya berbagai macam aplikasi yang mendukung multimedia, internet, perkantoran dan lain-lain. multimedia yang ditawarkan antara lain Juk, RealPlayer 10, KPlayer, and DVD Player (MPlayer). user dapat melihat video dalam berbagai format, menulis dokumen, print, scan dan burning CD dan DVD. Simple Linux menggunakan XFCE Window Manager, dan datang dengan berbagai tool serta di design untuk digunakan berbagai jenis user. Kunjungi situs download Simple Linux di sini.

5. Vector Linux

distro ini sangat kompatible dengan Intel, AMD dan x86. Vector Linux diturunkan dari Slackware. dia membutuhkan 850 MB Harddisk untuk instalasi. walaupun cukup besar dibanding dengan distro linux lain, Vector linux memberikan desktop lengkap yang dapat digunakan untuk menjelajah dunia maya, menerima email, ICD dan IRC. distro ini juga dapat digunakan sebagai server, dan dapat melakukan compile programnya sendiri. dengan kebutuhan RAM 412 MB untuk berjalan, dia merupakan distro yang layak untuk dijalankan pada komputer tua namun dengan berbagai fitur linux yang nyaris lengkap.
- See more at: http://www.goblooge.com/blog/10-linux-ringan-dan-minimalis-alternatif/#sthash.55Nx2KSz.dpuf

5. Vector Linux

distro ini sangat kompatible dengan Intel, AMD dan x86. Vector Linux diturunkan dari Slackware. dia membutuhkan 850 MB Harddisk untuk instalasi. walaupun cukup besar dibanding dengan distro linux lain, Vector linux memberikan desktop lengkap yang dapat digunakan untuk menjelajah dunia maya, menerima email, ICD dan IRC. distro ini juga dapat digunakan sebagai server, dan dapat melakukan compile programnya sendiri. dengan kebutuhan RAM 412 MB untuk berjalan, dia merupakan distro yang layak untuk dijalankan pada komputer tua namun dengan berbagai fitur linux yang nyaris lengkap.
- See more at: http://www.goblooge.com/blog/10-linux-ringan-dan-minimalis-alternatif/#sthash.55Nx2KSz.dpuf



Vector Linux
Distro ini sangat kompatible dengan Intel, AMD dan x86. Vector Linux diturunkan dari Slackware. dia membutuhkan 850 MB Harddisk untuk instalasi. walaupun cukup besar dibanding dengan distro linux lain, Vector linux memberikan desktop lengkap yang dapat digunakan untuk menjelajah dunia maya, menerima email, ICD dan IRC. distro ini juga dapat digunakan sebagai server, dan dapat melakukan compile programnya sendiri. dengan kebutuhan RAM 412 MB untuk berjalan, dia merupakan distro yang layak untuk dijalankan pada komputer tua namun dengan berbagai fitur linux yang nyaris lengkap. Kunjungi situs resmi Vector Linux di sini.

















sumber: Kaskus, goblooge dan berbagai sumber

Post a Comment