//dari pinterest

Translator/Kamus


Kamus ini sangat berguna bagi saya saat mengakses situs-situs berbahasa inggris di internet. Maklum nilai bahasa inggris saya pas-pasan. Biasanya saya pake google translate jika sedang menggunakan komputer atau leptop. Nah, bagaimana jika para pecinta Android ingin melakukan hal serupa di Android tercinta?

Saya juga pemilik Android dan senang berjelajah di internet, dan inilah yang saya lakukan jika mengalami gangguan dalam mengartikan bahasa inggris di situs-situs luar negeri. 


Pertama saya menggunakan kamus.apk.
Kamus bahasa Inggris - Indonesia ini dapat mengartikan bolak-balik di dua bahasa tersebut. Kelebihannya tidak perlu memakai internet dalam pamakaiannya (offline mode). Jika ingin mencari kata sesuai dengan KBBI aplikasi ini juga menyediakannya. Yang paling keren adalah dia bisa mengucapkan kata yang kita cari, caranya dengan menekan tombol Microphone di sebelah kanan atas. Sayangnya hanya sebatas kata yang dapat kita terjemahkan melalui aplikasi ini. Download aplikasi di sini.

Untuk mengatasi masalah dari aplikasi di atas, saya menggunakan aplikasi google translate ala mobile. Nah, aplikasi ini seperti layaknya google translate di komputer. Dia bisa menerjemahkan kalimat yang banyak sekalipun. Aplikasi ini juga bisa menterjemahkan kalimat yang kita ambil dari foto yang baru kita ambil melalui camera Android kita....ini fitur yang keren banget bro. Bisa talk juga, artinya dapat mengartikan kalimat yang kita ucapkan. Kelebihan yang lain adalah, tidak hanya Inggris-Indonesia saja yang dapat kita artikan, semua bahasa yang support dengan google translate terdapat di sini juga. Yah kelemahannya pastilah kita tahu, yaitu harus nyambung dengan internet. Menurut saya gak jadi masalah kok. Aplikasi ini bisa di download di sini atau di play store.







Nah, bagaimana? Mau pake aplikasi penerjemah yang mana? Kalo saya sih dua-duanya saya pake. 
Semoga bermanfaat.


















####### update 20 June 2013 #######

Google translator 2.7
Data terjemahan Indonesia offline:
Data 1
Data 2
Data 3
Data 4
Data 5

- Gabungkan smua data dengan ektrak file ZIP-nya (semua data harus berada dalam 1 folder)
- Masukkan hasil ektrakan (sekitar 235.86Mb) ke dalam /sdcard/android/data/[taruh di sini]

Post a Comment